Kekuatan Tim Kejutan, Korea Utara

Incheon – Timnas Korea Utara dikenal tidak sehebat saudaranya Korsel akan tetapi apa yang sudah mereka tunjukan dimasa lalu menandakan bahwa mereka merupakan tim yang masih disegani.

Pada perhelatan Piala Dunia tahun 1966 yang digelar di dataran Inggris menjadi bukti dari Timnas Korut tersebut, dipandang sebagai tim debutan Korut tampil dengan mengejutkan dimana mereka berhasil mengalahkan Italy 1-0 dan berhasil melaju ke babak perempat final sebelum akhirnya dikalahkan Timnas Portugal.

Setelah lama tidak muncul Korut kembali menjadi perhatian pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2006 dengan cara yang tidak sportif dimana pendukung mereka tidak bisa menerima keputusan wasit yang tidak memberikan hadiah pinalti dan justru salah satu dari pemainnya yang dikenakan kartu merah oleh wasit, sontak saja kericuhan terjadi didalam lapangan. Tidak sampai disana saja, pendukung Korut juga berhasil menahan pemain Iran.

Setelah peristiwa yang menghebohkan itu, Timnas Korut kembali memperlihatkan keberadaanya. Dalam ajang Piala Dunia 2010 Korut berhasil menembus putaran final.

Pada tingkat kompetisi dibawah kelas Piala Dunia, sejatinya Korut tidaklah istimewa. Timnas Korut cuma tercatat 3 kali tampil dalam ajang Final Piala Dunia diposisi ke 4, Mereka juga berhasil tembus ke putaran Final Piala Asia 2015 dengan memenangi Challenge Cup 2012.

Menurut peringkat federasi FIFA, Timnas Korut hanya terpaut 6 level diatas Timnas Indonesia dimana Korut berada di posisi ke 150. Korut U-23 juga tercatat berhasil tampil pada 4 babak Piala Asia terakhir. Dimana 3 ajang sebelumnya Korut berhasil masuk perempat final.

Pada kejuaraan Piala Asia 2014, Timnas Korut keluar sebagai juara grup setelah mengalahkan China 3 kosong serta Pakistan 2 kosong tanpa balas. Mereka dijadwalkan akan berhadapan dengan Indonesia U-23 pada Jumat 26SEP2014. Sampai saat ini So Kyong Jin masih tercatat menjadi pencetak gol terbanyak dalam skuad Korut dengan koleksi 2 gol.

Timnas Indonesia berhasil tembus ke babak 16 besar setelah mengalahkan Timor Leste 7 gol dan Maldives 4 gol tanpa balas akan tetapi Timnas yang dibawah asuhan Aji Santoso justru kalah telak 6 gol tanpa balas oleh Timnas Thailand.

04:10 AM